.

Cari Blog Ini

Jumat, 23 Juli 2010

Pendekatan Inkuiri

assalamualaikum..
alhamdulillah kali ini ianx bisa posting.. meski saat ini ianx akan mengadakan suatu acara di kampus yaitu "GEBYAR BEM UPI Kampus Purwakarta". Semoga saja acaranya berlangsung lancar... AAMMMINNN~~~~!!!
dan kini ianx post tentang kelanjutan post sebelumnya mengenai "INKUIRI".


Pendekatan Inkuiri ada 3 (tiga) macam, diantaranya :

  1. Rasional
  2. Discovery
  3. Eksperimen


Saya coba menjelaskan 1 per 1 pendekatan inkuiri tersebut,
1. Rasional
    Pendekatan rasional ialah pendeketan dengan cara membuat peserta didik untuk berfikir secara Rasional.
Misal :

Lihat gambar  berikut ;
Piramida Makanan
 Kita berikan satu contoh piramida makanan, mulai dari Rumput ---> Kelinci --> Ular --> Elang. Seperti gambar disamping.. Rumput memiliki kunci utama rantai maknan karena rumput berada paling bawah. Disusul oleh kelinci , ular , dan elang yang berada dipuncak piramida makanan tersebut. Nah, dalam bentuk posisi piramid makanan penuh tersebut maka, keadaan akan seimbang. Tapi. apa yang terjadi jika kemudian kita hilangkan salah satu dari urutan tersebut seperti pada gambar di bawah ini :
rantai makanan terpoton



Posisi ular itu menghilang dari piramida makanan. Apa yang akan dipikirkan oleh peserta didik kita? itulah pendekatan rasional.






2. Discovery.
    Pendekatan Discovery ialah suatu pendekatan agar peserta didik mencari suatu isi materi yang dimaksudkan oleh pendidik. Discovery sendiri dalam pelaksanaanya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu ;
   a. Pure Discovery
      Pure Discovery ialah penggunaan metode murni discovery yang dilakukan oleh peserta didik tanpa ada arahan dari pendidik. Misal :  Pendidik memberi suatu tugas untuk mencari macam-macam tanaman obat disekitar sekolah dan tulis apa kegunaannya kemudian pendidik meminta 10 menit sebelum pelajaran selesai segera kumpulkan.
   b. Guided Discovery
      Guided Discovey ialah penggunaan metode discovery dengan bimbingan/ arahan dari pendidik. Misal : saat peserta didik diminta untuk mencari tanaman obat tersebut pendidik ikut bersama peserta didik untuk membimbing peserta didik agar memberi arahan mengenai pengelompokan tanaman obat dan juga kegunaannya.

3. Eksperimen
    Terakhir, pendekatan eksperimen ialah suatu pendekatan inkuiri dengan melakukan percobaan-percobaan dalam pelaksanaannya. Untuk pendekatanyang satu ini mungkin saya tidak perlu memberi permisalan lagi, karena ini sudah biasa akang dan teteh tahu kan yah? ^_^!

yapz sekian dulu dari ianx semoga ini dapat membantu ...

saya hanya seorang mahasiswa (calon guru) yang sedang belajar tetapi, juga ini berbagi kepada akang dan teteh. Semoga dalam blog ini kita biasa saling belajar, mengajari, dan berbagi pengetahuan. terimakasih...

2 komentar:

calon guru' rajes mengatakan...

maaf sebelum'n, Q, ambil coretan_mu tuk pembuatan tugas... peace :) rajes calaon guru..

ianx mengatakan...

oh iy.... jan lupa source na j..
yu mari kita belajar dan berbagi...
^_^

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management