.

Cari Blog Ini

Sabtu, 21 November 2009

Ragam Karakter Guru Guna Membangun Kompleksifitas di Sekolah

Assalammu'alaikum... Wr. Wb.
Kawan-kawan....

Bersama Ianx..

Bahwasannya kita telah ketahui manusia itu diciptakan beragam macam orang yang beragam macam pula sifat dan karakternya. Ada yang baik, lemah lembut, sabar, bijaksana, pemaaf, tegas, pemarah, galak, mata duitan , dll. Tentunya seorang guru pun memiliki keberagaman tersebut, dengan beragam kepribadian dan karakter itu sehingga bukan hanya di lihat dari sudut di mana guru harus mengadaptasi pada siswanya. Tetapi, bahwasanya siswa pun musti beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi yang dibentuk oleh gurunya, karena kita ketahui seseorang itu memiliki suatu karakter dan kepribadian yang terkadang sulit sekali untuk berbubah karena sudah sangat erat melekat pada dirinya sehingga tidak dapat terpalingkan dan tertutupi lagi. Jadi menurut saya, siswa pun harus bisa mengerti akan hal itu dan beradaptasi karenanya.

Dengan begitu dalam kehidupan bersekolah itu tidak hanya terjadi satu arah adaptasi dari sang guru saja, tetapi juga dari siswanya sendiri agar terjadi suatu sinkronisasi peradaptasian sehingga dapat saling mengerti satu sama lain guna berlangsungnya kegiatan persekolahan yang efektif , dan kondusif. Efektif karena tidak adanya waktu terbuang oleh segala macam hal yang tidak diperlukan, seperti kisruh dan pertentangan antara guru dan siswa. Atraktif karena dari peradaptasian tersebut mereka bisa saling sharing tentang apa yang keduanya perlukan, seperti siswa itu memerlukan penjelasan yang lebih lanjut lagi pada gurunya dan guru pun memberikan penjelasannya. Kondusif karena dari keduanya saling mengerti satu sama lain sehingga dapat melangsungkan kegiatan persekolahan dengan baik dan tenang guna mencapai target ke depannya yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sesungguhnya dengan beragam macam karakter setiap guru dalam suatu sekolah itu bagus. Karena tidak mungkin suatu sekolah memiliki hanya 1 macam karakter guru saja. Meski memang dari beragam karakternya itu tidak semuanya itu ada yang baik, adil, dan bijaksana dengan segala ucapan, pikiran dan perilakunya. Bila pun memang seorang siswa di pertemukan dengan guru yang galak, pemarah, mata duitan, genit, dll. Itu juga bagus karena dengan adanya ragam macam karakter guru dalam suatu sekolah itu dapat mengajarkan siswa tersebut bagaimana menghadapi seseorang yang lebih berumur dari mereka dengan segala macam karakternya. Maka dengan terjadinya hal seperti berikut, siswa akan terbiasa dengan beragam situasi dan kondisi yang mereka hadapi pada saat nanti mereka berada dalam kehidupan sehari-hari.

Saya berpendapat demikian karena berdasarkan dari apa yang saya alami saat sekolah dulu hingga saat ini kuliah... setiap karakter guru itu mempunyai suatu peranan tersendiri dari setiap karakter pribadinya. Membuat suasana kehidupan bersekolah lebih berwarna dengan segala warna pola berfikir, sikap , dan perilaku siswa juga gurunya. Dahulu memang saya sempat berfikir seandainya semua guru itu baik dan tegas seperti seorang guru yang saya kenal, tetapi kini saya berpandangan bahwa keragaman karakter dan pribadi guru itu mempunya suatu nilai tambah untuk mengembangkan sifat, kepribadian dan kedewasaan siswa. Dimana saat seorang siswa di hadapkan dengan seorang guru yang bisa dibilang galak, siswa itu mendapat kan suatu pengalaman berhadapan nanti dengan orang yang mempunya karaker seperti itu nanti harus kah di galaki lagi? di halusi? Dan seperti apa cara melakukannya.

Yang kawan-kawan sekalian...

Mungkin hanya sejauh ini saya IANX menceritakan sedikit apa yang ada dalam fikiran saya yang berdasar dari pengalaman pribadi kepada kawan-kawan sekalian...

Terimakasih...

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management