.

Cari Blog Ini

Minggu, 29 Mei 2011

PLSBT : ANEKA PERMASALAHAN PLSBT

ANEKA PERMASALAHAN PLSBT

Kehidupan tiadalah yang sempurna meski dengan segala apa yang telah kita miliki sehingga timbullah permasalahan-permasalahan dalam beragam aspek kehidupan ini. Namun, permasalahan itu sendiri adalah salah satu penyempurna dalam kehidupan ini. Seperti halnya “sayur tanpa garam”, “kopi tanpa hitamnya”, “rumah tanpa atap”. Sejatinya masalah itu selalu ada dalam kehidupan manusia dalam ragam aspek kehidupannya seperti Aspek Pendidikan, Lingkungan, Sosial Budaya, dan IPTEK. Berikut ialah pemaparannya.

A.   Aspek Pendidikan

Perkembangan hidup manusia dalam aspek pendidikan ini senantiasa meningkat terlihat dengan berkembangnya IPTEK dalam segala hal. akan tetapi perkembangan tersebut masih belum merata diseluruh wilyah di Indonesia selain itu juga pendidikan yang mereka dapatkan adalah pendidikan umum yang minim mengenai pendidikan agama yang seyogyanya menjadi arahan agar tidak keluar dari jalur dan menimbulkan masalah-masalah pada beragam aspek lainnya.

B. Aspek Lingkungan


Mengenai lingkungan kita sangat mempunyai kehidupan yang berbeda yang terbagi menjadi 3 aspek lingkungan yaitu ;

1.      Lingkungan Fisik

Lingkugan fisik ialah semua benda mati yang ada di sekeliling manusia. Layaknya kita menjaga lingkungan fisik disekitar kita seperti rumah, kendaraan, tempat sampah. Karena benda-benda tersebutlah yang mempermudah pekerjaan kita sehari-hari agar tetap terjaga. Tapi pada nyatanya manusia tidak peduli dengan fasilitas fisik terutama fasilitas umum yang disediakan dan cendrung selalu menyalahkan pemerintah padahal itu adalah tanggung jawab bersama juga.

2.      Lingkungan Biologis

Lingkungan biologis ialah segala sesuatu di sekeliling manusia yang berupa organisme yang hidup termasuk manusia. Organisme sekitar kita sangat membantu kita dalam kehidupan seperti adanya tumbuhan, binatang ternak, rerumputan, dll. Hal tersebut sangat menunjang bahkan menjadi pokok dalam keberlangsungan kehidupan kita. Bayangkan apabila tidak ada tumbuhan? Bagaimana kita mendapatkan udara yang bersih untuk bernafas? Namun manusia yang seharusnya menjadi bagian dari alam ini meloncati kondratnya dan ingin menjadi penguasa alam sehingga banyaknya penebangan hutan dan pemburuan liar untuk mendapatkan materi duniawi.

3.      Lingkungan Sosial

Lingkungan social ialah terdiri dari orang-orang, baik individu maupun kelompok yang berada di sekitar manusia. Lingkungan sosial itu merupakan hal yang tidak pernah lepas dalam kehidupan manusia yang selalu saling membutuhkan satu dengan yang lain dalam mencapai tujuannya yang satu visi dan misi. Tetapi, tidak jarang juga visi dan misi itu pun menjadi suatu masalah karena mulai terjadinya perbedaan yang terkadang sepele saja menjadi suatu hal yang besar menjadi suatu konflik yang berlarut hingga terjadi kontak fisikdan menimbulkan korban.

C. Aspek Sosial Budaya


Aspek sosial budaya merupakan aspek yang sangat menonjol sekali perubahan dan permasalahannya. Terlihat dari kebiasaan anak muda saat ini yang semakin kacau dengan masuknya segala budaya dari barat tanpa filter yang memadai dan kuat untuk menjaga keutuhan budaya Indonesia yang utuh sedari dulu. Kini anak muda mulai gemar mempertontonkan dirinya dengan apa yang mereka namakan pakaian modis style masa kini yang mereka lihat dari media televise yang juga merusak gaya bahasa santun kita terutama terhadap yang lebih tua dengan bahasa gaul, alayer dan beragam lainnya. Dengan cara berfikir, berpakaian dan bahasa yang semakin tipis kesantunannya menimbulkan begitu banyak kebebasan yang terjadi seperti free sex, aborsi, hingga menimbulkan masalah kependudukan yang menyebabkan pengangguran yang kemudian memilih jalur gelap dalam mencari penghasilannya.

D.  Aspek IPTEK

IPTEK kian hari kian bertambah bahkan tanpa batas selalu terupdate itu sangat membantu pekerjaan kita menjadi semakin cepat dan semakin mudah. Hal yang sangat terlihat dan kita rasakan dalam kemajuan IPTEK itu dibidang Komunikasi dan Informasi yang biasa kita kenal dengan namanya internet. Akses pencarian informasi cepat dan mudah membuat kita kaya informasi dari belahan dunia. Namun tidak terlepas dari segalanya dimana ada positif tentu ada negatifnya. Dalam kecepatan dan kemudahan informasi yang diperoleh itu tidak selalu dalam hal positif selalu saja ada yang mencari hal yang negatif dari itu semua contohnya di internet pun terdapat konten-konten negatif yang dapat terserap karena bebasnya dunia internet, serta beragam pembajakan informasi pribadi yang menyebabkan kehilangannya hal penting dari seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management